Wednesday 17 December 2014

Masakan Jawa yang Membuat Homesick




Assalamu'alaikum, akhirnya bisa curhat lagi deh, efek baru istirahat dari UTS hehe. Kali ini kita akan bahas tentang beberapa makanan khas daerah Jawa yang buat aku dan mamaku Homesick. Tapi sebelum itu, apa sih itu Homesick? 




Homesick adalah perasaan yang biasa hinggap pada orang yang bepergian jauh dan dalam jangka waktu yang panjang.

Nah ini adalah daftar makanan yang bikin aku dan mamaku kangen banget sama Surabaya, salah satu kota yang ada di daerah Jawa.Sebenarnya tidak semua makanan yang ada di daftar ini berasal dari Surabaya, tapi ya memang ini yang membuat kami bernostalgia.

1. lontong kupang, sate kerang, dan es degan




Ini dia kuliner kita yang pertama, lontong kupang dan sate kerang. Semua bahan ini didapatkan dari laut. Lontong kupang biasa disajikan dengan bumbu petis kupang. Makanan ini berkuah dan selalu disajikan bersama sate kerang dan minuman es degan atau es kelapa muda. Es degan di sini disajikan dengan  tujuan untuk menetralisir keadaan perut yang tidak terbiasa memakan hewan laut ini.
 
 2. bandeng keropok dan bandeng cabut duri










Bandeng keropok dimasak dengan cara dibakar dan pelengkapnya adalah sambal petis udang dengan kecap. Sedangkan bandeng cabut duri adalah bandeng yang dibersihkan terlebih dahulu durinya (dicabut) sebelum dimasak. Bumbu pelengkap bandeng cabut duri adalah sambel petis udang dicampur dengan kecap.

3. bebek goreng




Bebek yang biasa dipakai adalah bebek yang masih pitik (masih muda) umurnya, dimasak dengan cara digoreng, dan dilengkapi dengan berbagai macam sambal. Ada sambal terasi, sambal bawang, dan sambal rujak (asam).

4. sate Ponorogo, sate Madura, sate kelapa dari Madura









Sate ponorogo ini sebenarnya bukan makanan khas Surabaya, namun makanan ini sangat popular di Surabaya, dan aku suka banget. Sate ini berasal dari daging ayam yang dipotong lebar dan tebal, bumbunya kacang dan gula merah yang ditumbuk sangat halus, sehingga tidak terasa tekstur kacangnya. Bumbunya pun ditambah kecap seperti sate pada biasanya.
Beda lagi dengan sate Madura. Sate Madura atau biasa disebut sate ayam yang biasa kita jumpai di berbagai tempat, dengan bumbu kacang yang lezat, ditambah lagi kecap yang manis pasti lebih nikmat lagi.
Ada lagi satu sate yang terkenal di Surabaya, sate kelapa dari Madura. Sate kelapa ini dalah sate ayam dengan bumbu parutan kelapa. Rasanya sedikit asin dan gurih. Namun, sate kelapa ini biasa disantap tanpa bumbu kacang.  

6. rujak cingur



Cingur adalah tulang rawan hidung sapi. Rujak cingur itu sendiri makanan khas Surabaya yang bisa disajikan dengan buah-buahan atau sayur-sayuran dan ditambah lontong. Bumbunya pisang yang masih muda ditumbuk bersama petis udang. Buah yang disajikan biasanya nanas, bengkuang, krai, kedondong, dan mangga muda.
Jika rujak cingur dengan sayuran, biasanya dicampur dengan tahu dan tempe goreng, cingur, krai, dan  kangkung. Rujak cingur sendiri lebih nikmat disantap dengan kerupuk uyel (kerupuk putih).

7. bandeng asap




Bandeng asap adalah bandeng yang cara masaknya dengan cara diasap melalui pembakaran. Bandeng asap disajikan bersama petis udang.

8. mie jawa (kluntung)
  


Mie jawa khasnya dimasak dengan tungku arang. Menu mie ini biasa berisi mie telur dimasak bersama sawi dan tauge. Mie ini juga biasa disantap dengan telur rebus yang dikocok dan makanan ini bisa disajikan dengan kuah yang beragam. Dari yang kuahnya banyak (rebus), kuah yang sedikit (nyemek-nyemek), dan tanpa kuah (goreng).

9. lontong mie



Lontong mie adalah makanan yang berisi lontong, mie, dan sayur sawi. Dimasak dengan cara direbus. Sangat nikmat bila ditambahkan taburan bawang goreng.

10. lontong balap


Lontong balap adalah masakan lontong dengan lauk mie telur berkuah yang dimakan bersama lentho (gorengan yang terbuat dari kacang merah diberi bumbu bawang merah dan bawang putih dan berbentuk bulat). Sangat nikmat disantap pada siang hari.

Sebenarnya masih ada lagi daftar makanan yang mau aku share, tapi berhubung waktunya ngga cukup, lanjut besok yaa..
Wassalamu'alaikum ^_^


No comments:

Post a Comment