Monday 22 June 2015

Manusia dan Tanggung Jawab serta Harapan


Tema               : Ilmu Budaya Dasar
Judul               : Manusia Memiliki Tanggung Jawab dan Harapan
Nama               : Nur Fitria Permatasari
Kelas               : 1TA01
NPM               : 18314158
Fakultas           : Teknik Sipil dan Perencanaan
Jurusan            : Teknik Sipil


Manusia Memiliki Tanggung Jawab dan Harapan


1. Manusia dan Tanggung Jawab

Setiap makhluk yang tercipta di dunia ini pastilah memiliki tujuan dan tanggung jawab. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab berarti keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Tanggung jawab sendiri  merupakan perwujudan dari kesadaran manusia akan kewajibannya baik dalam hidup bersosial dan bernegara. Setiap manusia memiliki tingkatan tanggung jawab yang berbeda, bergantung pada apa saja kewajiban yang dilimpahkan kepadanya, kepedulian kepada sekitarnya dan kesadaran dirinya sendiri. 

Penulis sendiri sebagai manusia memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab itu ada karena penulis memiliki kewajiban sebagai seorang anak, seorang mahasiswa, seorang warga Negara dan seorang makhluk ciptaan Tuhan. Berikut adalah tanggung jawab yang dimiliki oleh penulis:

1. Tanggung jawab kepada diri sendiri
Tanggung jawab kepada diri sendiri penulis adalah memperbaiki kepribadian yang ada dalam diri, mengembangkan segala potensi dalam diri dan belajar dengan giat. Dengan melaksanakan tanggung jawab kepada diri sendiri, kita dapat menyelesaikan segala permasalahan yang ada pada diri.

2. Tanggung jawab kepada keluarga
Tanggung jawab kepada keluarga ada karena kita sebagai manusia pasti merasa memiliki kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi untuk berjalannya hubungan keluarga dengan baik. Tanggung jawab kepada keluarga dipegang bukan hanya oleh kepala keluarga melainkan juga seluruh anggota keluarga tersebut. Tanggung jawab penulis kepada keluarga adalah membuat orangtua penulis merasa bangga. Ini merupakan salah satu langkah untuk membahagiakan orangtua yang telah bekerja keras untuk kita. 

3. Tanggung jawab kepada masyarakat
Tanggung jawab kepada masyarakat ada karena pada hakikatnya, kita semua adalah makhluk sosial, kita tidak dapat mengerjakan segala sesuatunya sendiri tanpa mendapatkan bantuan dari orang lain di seluruh kebutuhan kita. Maka dari itu, tanggung jawab penulis sebagai anggota sebuah lingkungan masyarakat adalah menjaga komunikasi antara penulis dan warga yang lainnya.

4. Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara ada karena setiap manusia di dunia ini pastilah merupakan warga Negara dari sebuah Negara. Warga Negara sendiri terikat pada hukum dan aturan serta norma-norma yang berlaku pada Negara tersebut. Tanggung jawab penulis sebagai orang yang berkewarganegaraan Indonesia adalah menaati segala aturan yang ada di Indonesia dan tunduk pada hukum yang berlaku. Jika melakukan sebuah kesalahan, maka harus bertanggung jawab dengan cara diberi hukuman yang setimpal sesuai dengan hukum yang berlaku.

5. Tanggung jawab kepada Tuhan
            Tuhan menciptakan manusia di dunia ini pastilah memiliki tanggung jawab masing-masing. Manusia bertanggung jawab langsung kepada Tuhan dan nanti akan dipertanyakan di akhirat kelak. Tanggung jawab kepada Tuhan membuat manusia untuk mengontrol segala tingkah lakunya di dunia karena manusia tidak akan bisa lepas dari kewajiban dan hukuman-hukumannya. Tanggung jawab penulis kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah sholat 5 waktu, berpuasa, membayar zakat dan melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.

2. Manusia dan Harapan

          Manusia yang ada di dunia ini memiliki hak untuk berbahagia. Namun ada kalanya sesuatu yang telah diidam-idamkan tidaklah menjadi kenyataan. Melalui sebuah harapan, manusia menjadi tidak berputus asa atas segala kemungkinan yang terjadi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, harapan adalah sesuatu yang dapat diharapkan dan keinginan supaya menjadi kenyataan. Pada dasarnya, sebab-sebab manusia memiliki harapan adalah :
1. Dorongan Kodrat (dorongan untuk bahagia, menangis dan tertawa)
2. Dorongan Kebutuhan Hidup
3. Kelangungan Hidup
4. Keamanan (rasa ingin aman)
5. Hak dan Kewajiban Ingin Mencintai dan Dicintai

            Penulis sebagai manusia biasa juga memiliki harapan, harapan itu adalah:
1. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan pandai bersyukur
2. Memiliki orang-orang terdekat yang bersedia hadir dalam suka duka
3. Menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang banyak
4. Menjadi kebanggaan orangtua
5. Sukses dunia dan akhirat

           " Setiap orang berhak untuk memiliki harapan-harapannya sendiri karena sebenarnya harapan itu berhubungan erat dengan masa depan yang akan dijalani oleh orang tersebut."

No comments:

Post a Comment