Sunday 15 March 2015

Trend Kehidupan Manusia Masa Kini



Tema               : Hakikat Manusia
Judul               : Trend Kehidupan Manusia Masa Kini
Nama               : Nur Fitria Permatasari
Kelas               : 1TA01
NPM               : 18314158
Fakultas           : Teknik Sipil dan Perencanaan
Jurusan            : Teknik Sipil

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang paling sempurna di antara yang lainnya. Dikatakan sempurna karena Tuhan telah menganugrahkan kepada kita akal pikiran, tubuh yang lengkap dengan fungsi-fungsi tersendiri serta jiwa yang ketiganya bersinergi menjadi satu kesatuan. Tuhan telah menciptakan manusia sedemikian rupa agar manusia lebih bijak dalam melakukan segala sesuatu di dunia ini. 

Manusia hakikatnya adalah individu yang bertanggung jawab atas segala perbuatan dan tingkah laku. Manusia bebas memilih sendiri nasibnya seperti mengarahkan dirinya ke arah yang positif serta mampu mengontrol dirinya dalam bertindak. Manusia memiliki pilihan untuk menjalankan kehidupannya. Ia bisa memilih menjadi orang yang baik, taat akan segala peraturan dan berbuat sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi orang banyak. Namun manusia juga makhluk yang memiliki kemungkinan untuk berbuat jahat. Ia bisa menghalalkan segala cara untuk mencapai segala tujuannya meskipun hal itu telah melewati batasan-batasan haknya dan menyakiti orang lain.

Kehidupan sekarang yang serba modern ini menuntut kita untuk mengikuti segala trend-trend yang ada. Baik itu trend dalam berbusana, trend teknologi canggih bahkan trend dalam berperilaku. Mungkin yang paling mencolok saat ini adalah trend teknologi canggih. Trend seperti memiliki perangkat komputer dan gadget sedang marak terjadi. Fitur-fiturnya yang semakin hari semakin canggih membuat para pemakainya merasa tidak akan pernah puas atas barang-barang yang telah ia miliki. Apabila si pemakai tidak membeli produk-produk terbaru dengan fitur yang paling canggih, ia akan merasakan kekecewaan yang amat sangat dan akan berusaha untuk mendapatkan produk-produk baru tersebut bagaimanapun caranya. 

Trend yang menjadi sorotan selanjutnya adalah trend berbusana. Sudah banyak sekali desain atau model-model busana yang bagus, anggun dan beragam. Namun ada kalanya trend-trend berbusana tersebut melewati batas kesopanan dalam berbusana. Dalam hal ini, manusia sebenarnya bebas memilih gaya berbusana namun tetap mempertimbangkan aspek kesopanan. Trend selanjutnya yang akan penulis bahas adalah trend dalam berperilaku. 

Anak-anak zaman sekarang cenderung kasar, berani melawan dan kurang berpikir panjang akan akibat dari tindakan yang mereka lakukan. Untuk bisa mengendalikan diri dari hal-hal tersebut, kita sebagai manusia harus bisa menerima kritikan, lebih berintrospeksi diri, berusaha berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan mensyukuri segala yang telah Tuhan berikan kepada kita agar kehidupan kita baik kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kita dapat terarah dan seimbang. Maka dari itu diperlukan usaha dari diri kita sendiri untuk belajar dalam mencapai masa depan yang lebih baik. Dengan tindakan-tindakan positif, kita dapat menyelaraskan segala aspek kehidupan seperti aspek sosial, aspek agama, aspek budaya dan aspek berperilaku agar menjadi manusia yang seutuhnya dan bermartabat.

No comments:

Post a Comment