Friday 1 May 2015

MANUSIA DAN KEINDAHAN : Mensyukuri Kekayaan dan Keindahan Alam Indonesia



ILMU BUDAYA DASAR

Tema               : Manusia dan Keindahan
Judul               : Mensyukuri Kekayaan dan Keindahan Alam Indonesia
Nama               : Nur Fitria Permatasari
Kelas               : 1TA01
NPM               : 18314158
Fakultas           : Teknik Sipil dan Perencanaan
Jurusan            : Teknik Sipil

Indonesia adalah sebuah Negara yang memiliki banyak sekali objek-objek yang menarik untuk dikunjungi. Negara dengan sejuta pesona ini baik daratannya, lautannya, sungai, danau, teluk dan segala kenampakan alamnya memang sangat memanjakan jiwa dan raga manusia. Kenampakan alam Indonesia ini sudah banyak diakui oleh banyak Negara akan keeksotisannya. Dengan pasir putihnya, hawanya yang masih segar, air lautnya yang jernih, pegunungan yang menantang untuk didaki, sawah hijau yang membentang layaknya permadani, air terjun yang membawa ketenangan bahkan kekayaan flora dan faunanya menambah keindahan yang ada di Indonesia tercinta ini.  

Contoh dari keindahan alam Indonesia pada daratannya adalah hamparan pasir yang megah di Gunung Bromo Jawa Timur, fauna yang hampir punah dan dikembangbiakkan di penangkaran di Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur, keindahan Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat dan masih banyak lagi. Contoh dari keindahan alam Indonesia pada lautannya adalah gugusan pulau dan alam bawah laut Kepulauan Raja Ampat Papua, laut dengan spot-spot yang indah untuk menyelam yang ada di Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara dan masih banyak lagi. Ada juga keindahan alam Indonesia yang lainnya seperti kenampakan danau vulkanik terbesar di dunia Danau Toba Sumatera Utara, Air Terjun Sri Gethuk di Daerah Istimewa Yogyakarta dan masih banyak lagi. 

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan Negara yang kaya akan keindahannya ini masih memiliki banyak sekali kekurangan. Masih banyak masyarakat kita yang belum sadar akan pentingnya kebersihan, kerapihan dan pentingnya melestarikan alam. Alam yang indah ini lama-kelamaanpun bisa rusak juga apabila kita tidak merawatnya. Jika tidak segera dilakukan tindakan preventif, bukan tidak mungkin keindahan alam kita ini hanya tinggal kenangan saja. 

Berikut adalah hal-hal yang dirasa perlu oleh penulis untuk dilakukan agar alam Indonesia terjaga dengan baik: 1. Jangan membuang sampah sembarangan, 2. Jangan menebang pohon tanpa adanya program penanaman kembali (reboisasi), 3. Menjaga kelestarian alam baik darat, lautan dan kenampakan alam lainnya, 4. Mempelajari berbagai disiplin ilmu untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam Indonesia secara bijak, 5. Memperbaiki sistem Undang-Undang Indonesia agar lebih tertib lagi dalam memperlakukan alam dan mencegah tindakan perusakan oleh oknum-oknum tertentu.

Kita sebagai rakyat Indonesia sudah sepatutnya bangga akan apa yang telah kita miliki ini. Namun ini semua tidak ada artinya apabila kita tidak ikut merawat dan melestarikannya. Maka dari itu kita harus bersyukur atas segala yang telah Tuhan berikan kepada kita semua. Semua akan terasa indah apabila kita pandai bersyukur dan merasa cukup. Dengan merawat alam dengan baik, kita sudah menjaga titipan Tuhan pada kita sebagai manusia agar anak cucu kita nanti masih bisa menikmati keindahan alam kita ini dan menyeimbangkan alam dengan membuat manusia, flora dan fauna menjadi sebuah keselarasan dalam hidup yang  aman dan nyaman.  

 Danau Toba, Sumatera Utara

Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Kepulauan Raja Ampat, Papua

 Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

 Air Terjun Sri Gethuk, Daerah Istimewa Yogyakarta

 Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

No comments:

Post a Comment